Skip to content

Angeln

Oleh: Adrian Yuwono Tanaya

Memancing di Jerman

Dengan banyaknya jumlah badan air di Jerman, memancing (Angeln) merupakan salah satu kegiatan paling populer untuk dilakukan di musim panas. Akan tetapi, secara hukum, kegiatan memancing diatur dengan syarat kualifikasi dan dokumen-dokumen tertentu, yaitu: 

  1. Angelschein (Fischereischein)
  2. Fischereiabgabe
  3. Erlaubnisschein (Angelkarte)

Jika syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi, kalian akan dianggap melakukan pemancingan illegal (Schwarzangeln) dan bisa dikenai denda hingga 75 000 € tergantung di negara bagian (Bundesland) mana kalian tertangkap. 

Angelschein

Angelschein (juga disebut Fischereischein), atau surat izin memancing, merupakan salah satu syarat untuk dapat memancing di Jerman. Seperti halnya surat izin mengemudi (Führerschein), kalian harus mempelajari teori dan praktiknya serta lulus ujian (Fischereiprüfung). Untuk memperisapkan kalian dalam ujian ini, kursus memancing (Angelkurs) biasanya tersedia di setiap Bundesland dari pemancing terlatih. Sayangnya, kursus dan ujian ini hanya disediakan dalam Bahasa jerman, sehingga kemampuan Bahasa jerman yang mencukupi sangatlah dibutuhkan. 

Biaya serta penyelenggaran (digital atau di tempat) dari kursus serta ujian bervariasi tergantung Bundesland kalian. Informasi lebih lanjut di https://www.angelschein.de

Fischereiprüfung 

Di beberapa Bundesland, kalian diharuskan mengikuti Angelkurs untuk mengikuti Fischereiprüfung. Fischereiprüfung sendiri merupakan tindakan administratif dan implementasinya hampir di semua tempat diambil alih oleh otoritas Bundesland tersebut. Maka dari itu, untuk informasi paling lengkap, kalian dapat hubungi pihak yang langsung bertanggung jawab. Informasi lebih lanjut di https://www.angelschein.de

Pada umunya, Fischereiprüfung terdiri dari 60 pertanyaan pilihan ganda, 45 di antaranya harus dijawab dengan benar. Topik-topik yang akan keluar dalam ujian adalah: 

  • Pengetahuan tentang Ikan

Anda harus dapat mengenali spesies ikan asli yang paling penting dan mendeskripsikan pola hidup dan perilaku mereka. (Contoh: perbedaan Fried- dan Raubfische, fungsi tubuh ikan, siklus hidup dari ikan tertentu, dst.)

  • Hukum 

Cara berperilaku yang benar di atas air, hukum dan peraturan apa saja yang harus dipatuhi. Musim tertutup dan ukuran minimum ikan yang berlaku di Bundesland kalian akan dicakup, demikian juga dengan undang-undang perlindungan hewan.

  • Hidrologi

Perairan adalah habitat ikan. Dalam ujian, kalian akan ditanya tentang berbagai jenis badan air dan karakteristiknya seperti tanaman khas dan sejenisnya. Isu-isu konservasi ekosistem alam perairan juga dibahas di sini.

  • Pengetahuan peralatan

Kalian harus mampu merakit peralatan kalian untuk memenuhi tuntutan memancing modern. 

Fischereiabgabe

Fischereiabgabe (Pungutan penangkapan ikan) adalah biaya keuangan atau pajak yang dikenakan pada orang yang ingin menangkap ikan. Fischereiabgabe sendiri dapat bervariasi tergantung pada wilayah atau negara dan biasanya dibayarkan setiap tahun. Jumlah pungutan juga bervariasi dan dapat bergantung pada faktor-faktor seperti tempat tinggal, usia, dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk memancing.

Erlaubnisschein

Erlaubnisschein (Surat izin penangkapan ikan), yang sering juga disebut Fischereierlaubnisschein atau Angelkarte, adalah izin untuk menangkap ikan di perairan tertentu. Untuk memancing di suatu perairan, Erlaubnisschein dari perairan tersebut selalu dibutuhkan. Kalian dapat mendapatkan izin ini di kantor penerbitan setempat atau melalui klub/ asosiasi pemancingan terkait secara langsung untuk mencari tahu tentang tempat penerbitan izin di daerah perairan tersebut. Selain itu, kalian juga dapat membeli izin ini secara online melalui beberapa penyedia layanan khusus seperti: Hejfish, Fiskado, meineAngelkarte.de, Angelkarten.online . 

Sumber: 

https://www.angelschein.de
https://www.stmelf.bayern.de/landwirtschaft/tierische_erzeugung/elektronische-erlaubnisscheine/index.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *