Skip to content

[IDN] Webinar Investasi bersama Livin’ by Mandiri „Young with Big Goals, How Financial Planning Helps”

Jerman, 3 Agustus 2024 – PPI Jerman 2023/24 bekerjasama dengan PT Bank Mandiri telah sukses menyelenggarakan webinar informatif dengan tema „Young with Big Goals, How Financial Planning Helps“ secara daring melalui platform Zoom pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024, pukul 10:05 sampai 11:45 CEST (15:05-16:45 WIB). Dimoderatori oleh Iqlima Khayra Mumtazya dan Aristo Kevin selaku staf departemen Kemitraan dan Kewirausahaan (KK) PPI Jerman, webinar ini dinarasumberi oleh Pratomo Kendarto. Beliau saat ini menjabat sebagai kepala departemen Wealth Management Group Bank Mandiri.

Webinar ini diselenggarakan untuk memberikan pendidikan finansial kepada diaspora Indonesia di luar negeri, khususnya di Jerman, serta sosialisasi aplikasi Livin’ by Mandiri. Aplikasi ini memungkinan nasabah untuk melakukan investasi di berbagai instrumen seperti surat utang, obligasi, saham, dan reksadana, menabung valas, serta melakukan transaksi berbagai mata uang ke rekening luar negeri. Melalui webinar ini, diharapkan peserta dapat menyadari pentingnya perencanaan keuangan serta memanfaatkan aplikasi Livin’ by Mandiri secara optimal.

Webinar ini terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama adalah sesi materi mengenai pentingnya perencanaan finansial yang dibawakan oleh Pratomo Kendarto. Beliau menyampaikan pentingnya mencatat pengeluaran dan pemasukan, disiplin terhadap anggaran pengeluaran yang sudah ditetapkan, membangun dana darurat, mengenali profil risiko masing-masing, serta memilih instrumen investasi yang sesuai denga profil risiko. Sesi ini dilanjut dengan sesi tanya jawab, dimana peserta webinar diberi kesempatan untuk bertanya kepada beliau mengenai perencanaan keuangan. Sebelum lanjut ke sesi selanjutnya, terdapat sesi foto bersama peserta dan narasumber guna keperluan dokumentasi.

Webinar ditutup dengan penjelasan mengenai Super App Livin‘ by Mandiri yang dibawakan oleh Sobandi Wiguna dari Bank Mandiri. Saat ini Livin‘ by Mandiri bisa digunakan oleh Nasabah menggunakan nomor handphone lokal Negara setempat di lebih dari 120 Negara, termasuk Jerman. Livin‘ by Mandiri dapat membantu kebutuhan transaksi finansial para Mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Jerman dengan fitur yang lengkap. Nasabah bisa mengelola keuangan meskipun sedang berada di Luar Negeri dalam Valuta Rupiah dan Valuta Asing. Para Mahasiswa di Jerman bisa membuka rekening valuta Euro dan valuta lainnya dengan membuka rekening Multicurrency, sehingga bayar-bayar di Jerman bisa tinggal tap-tap saja menggunakan Livin‘ by Mandiri dan atau Kartu Debit Visa Tap to Pay Bank Mandiri. Ada juga fitur Transfer Valas yang bisa diakses nasabah 24 jam 7 hari, sehingga transfer ke rekening di Jerman dengan Euro bisa langsung dari Livin‘ by Mandiri. 

Peserta webinar terdiri dari 31 orang dari berbagai kota di Jerman dan dari luar Jerman. Peserta bersikap tertib selama acara berlangsung dan menunjukkan sikap antusias ketika sesi tanya jawab berlangsung.

Melalui materi serta jawaban yang disampaikan oleh narasumber, setiap peserta diharapkan semakin cermat dalam merencanakan dan membelanjakan uangnya serta membuka rekening dan aktivasi Livin‘ by Mandiri untuk kebutuhan transaksi di Jerman dan di lebih dari 120 Negara.

Penulis: Aristo Kevin Ardyaneira P