Skip to content

[IDN] Athan Cup 2024: Ajang Sportivitas dan Silaturahmi Mahasiswa Indonesia di Jerman

Berlin, 2 September 2024 – Athan Cup 2024 kembali hadir membawa semangat sportivitas dan persaudaraan. Ajang dua tahunan ini digelar untuk memperingati HUT TNI. Acara tersebut sukses diselenggarakan pada 31 Agustus hingga 1 September 2024 di jantung ibu kota Jerman, tepatnya di Hauptstraße 125a, Berlin. Kegiatan ini menarik perhatian lebih dari 150 peserta. Acara ini diselenggarakan atas inisiatif Departemen Kepemudaan dan Pendidikan PPI Jerman, mengundang lebih dari 150 mahasiswa dari berbagai penjuru Jerman untuk berkumpul dan bertanding dalam semangat persatuan.

Tahun ini, Athan Cup menjadi lebih istimewa, karena selain memperingati HUT TNI, acara ini juga merupakan penghormatan terakhir bagi Kolonel Budi Wibowo, Atase Pertahanan KBRI Berlin, yang akan segera kembali ke tanah air setelah masa baktinya. Dengan hati yang penuh rasa terima kasih, Kolonel Budi menyampaikan, “Athan Cup 2024 seru banget, pesertanya semangat semua, kemudian semuanya happy. Terima kasih banyak buat panitia yang dalam waktu relatif singkat sudah menyiapkan ini. Harapan saya ke depan, semangat untuk terus berjuang, sportivitas, dan berolahraga, berkumpul, bersilaturahmi dengan seluruh mahasiswa Indonesia dipelihara dengan berbagai macam kegiatan termasuk Athan Cup berikutnya. Athan Cup oke banget!”

Pembukaan Athan Cup ditandai oleh tendangan pertama dari Kolonel Budi Wibowo, simbol harapan akan kompetisi yang tidak hanya berkisar pada kemenangan, tetapi juga pada persahabatan yang terjalin di antara para peserta. Selama dua hari penuh energi, mulai dari pukul 08.00 hingga 19.00 CEST pada hari pertama, serta 08.30 hingga 16.30 CEST pada hari kedua, pertandingan voli, badminton, dan futsal mewarnai atmosfer Berlin. Peserta dari kota-kota seperti Hannover, Bremen, München, Hamburg, Berlin, Thüringen, Rostock, Anhalt, Halle, Leipzig, Dresden, dan Wismar bersatu dalam semangat kebersamaan.

Salah satu bintang yang bersinar dalam Athan Cup adalah Ulrich dari tim Indo Bärliner, yang berhasil meraih kejayaan di berbagai cabang olahraga. Ulrich mengungkapkan kegembiraannya, “Kesan pertama pasti happy karena banyak banget yang diundang dari kota-kota lain, dan juga puji Tuhan bisa menang juara satu, gak cuma di cabor futsal tapi di olahraga-olahraga lain, juga bisa jadi top scorer. Saya pribadi senang sekali.”

Di balik kesuksesan acara ini, berdiri sosok Ketua Panitia, Rana Khola Andaradanta, yang dengan penuh rasa bangga melihat acara berjalan dengan lancar. “Acaranya sangat seru, antusiasme dari peserta, pengunjung, dan juga panitia sangat tinggi. Pesannya, semoga untuk yang berikutnya semakin bergengsi dan seru. Dan semoga Athan Cup ke depannya menjadi sportfest bergengsi dan terbaik se-Jerman,” ujarnya.

Athan Cup 2024 bukan sekadar ajang perlombaan, namun juga jembatan yang menghubungkan hati-hati yang rindu akan kebersamaan, sebuah wadah yang membesarkan semangat persaudaraan di tanah perantauan. Dengan kolaborasi antara PPI Jerman dan cabang-cabang di bawah naungan KBRI Berlin, Athan Cup diharapkan terus menebar benih persatuan dan menjadi perayaan tahunan yang dirindukan.

Penulis: Joana Margaretha dan Santi Ananda Sari | Editor: Iren Chrestella